EDARAN REKTOR: TENTANG PERSYARATAN UJIAN SKRIPSI/TUGAS AKHIR/TESIS/DISERTASI DAN SEJENISNYA SERTA WISUDA

Haloo para pejuang wisudaa!

Sudah keluar nih Surat Edaran Rektor terbaru di Bulan Oktober 2022 lalu terkait Persyaratan Ujian Skripsi/Tugas Akhir/Tesis/Disertasi dan sejenisnya serta Wisuda. Mungkin beberapa dari para pejuang kita terkaget-kaget dengan edaran terbaru ini. Terlebih mengenai poin 2b, yang mana menyatakan penghapusan kebijakan pengambilan ujian TOEFL Prediksi sebanyak 3 (tiga) kali yang dulu sebagai syarat ujian atau bahkan hanya syarat pengambilan ijazah yang sudah berlaku semenjak pandemi COVID-19 lalu. Kini kebijakan skor TOEFL Prediksi/English Proficiency Test (EPT) , sudah dikembalikan sebagai syarat untuk sidang Ujian Akhir/Skripsi/Tesis/Disertasi tertanggal diterbitkannya.

Teruntuk para pejuang wisuda yang terkendala dengan kebijakan mewajibkan lampiran skor TOEFL/EPT sebagai salah satu syaratnya, perlu diketahui kalau kebijakan ini sudah lama ada dan diterapkan di kampus tercinta ini, mungkin sudah 10 tahunan, bisa jadi kurang atau lebih. Jadi sebenernya tidak perlu kaget, karena adik-adik pejuang wisuda tentunya sudah bisa mempersiapkan semenjak terdaftar sebagai Mahasiswa/i di Universitas Negeri Padang. Apalagi, beberapa tahun belakangan ini skor TOEFL Prediksi/EPT yang diperoleh tersebut berlaku selama masa studi adik-adik di UNP (sampai urusannya tuntas di UNP).

Belakangan kami juga memberikan beberapa alternatif Tes Kemampuan Bahasa Inggris, seperti yang tertera di tabel poin 4a. Pada poin 1 EPT (English Proficiency Test) atau yang dulu kita kenal TOEFL Prediction/Prediksi, yang hanya diterima/diakui jikalau mengambil test di UPT Bahasa UNP atau UPT Bahasa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia. Untuk pengambilan ujian di lembaga-lembaga yang menyelenggaran TOEFL prediksi, mohon maaf kami tidak bisa menerima karena terkait ke-valid-an hasil ujian. Hal ini diterapkan untuk meminimalisir kecurang-kecurangan yang coba dilakukan oleh calon wisudawan dalam memperoleh skor.

Selain itu, masih pada poin 4a, pada tabel point 2, 3, dan 4 (TOEFL ITP, Englishscore, IELTS Prediction), untuk perolehan hasilnya (TOEFL ITPĀ  oleh ETS dan IELTS Prediction) perlu dilaporkan dulu atau di verifikasi ke UPT Bahasa (point 4c) dengan mendatangi loket pelayanan di jam-jam pelayanan atau dengan menghubungi admin via Whatsapp yang nomernya bisa di peroleh di website ini atau di instagram UPT Bahasa. Terkusus bagi adik-adik pejuang wisuda yang ingin mengikuti test kompetensi bahasa Englishscore, wajib join group di telegram @Englishscoreunp dan membaca seluruh panduan yang ada pada pesan yang disematkan.

Semangat berjuang Para Pejuang TOGA! Memang semua takkanlah mudah, tapi itulah perjuangan! Jadilah mahasiswa/i yang sigap dalam mempersiapkan bekal untuk berjuang, budayakanlah membaca, jangan sampai menjadi generasi-generasi yang lemah literasi / pemahaman akan sesuatu, adik-adik adalah mahasiswa, calon-calon penerus bangsa! Tetaplah dijalan yang benar meski dikondisi yang seterjepit apapun, bersabar, intropeksi diri dan tetaplah jaga integritas diri!

Semangat! Hidup Mahasisswa!! UNP JAYA!!

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *