First Launching IELTS on Computer

Akhirnya IELTS exam hadir kembali di UPT Bahasa Universitas Negeri Padang seketelah beribu purnama tenggelam bersama Pandemi COVID-19 :”). Kini hadir dengan sistem yang baru yaitu tes IELTS dengan menggunakan komputer atau lebih dikenal dengan IELTS on Computer. Setelah berbagai macam drama yang dihadapi dalam proses kerjasama ini, British Council Indonesia Foundation akhirnya yakin kepada UPT Bahasa UNP untuk menjalin kerjasama ini. Dengan tekat dan keyakinan yang kuat team UPT Bahasa UNP berhasil meyakinkan Pak Rektor, Wakil Rektor 2 dan Wakil Rektor 1 untuk mewudkan terjadinya kerjasama ini. Semoga UNP akan selalu jaya! jaya! jaya! (>,<)9

IELTS on Computer ini baru saja lauching di 4 Kota di Indonesia yaitu, Jakarta, Jojgakarta, Padang, dan Surabaya. Sekarang ini Kota Padang sudah resmi menjadi Test Point dan Registration Center untuk IELTS on Computer. Yeay!

Secara format test dan biaya yang harus dibayarkan oleh para peserta IELTS on Computer tidaklah berbeda dengan IELTS on Paper (Ujian IELTS dengan menggunakan kertas). Namun dalam pelaksanaannya, IELTS on Computer dirasa lebih efektif dan efisien. Hasil test dapat diterima oleh peserta paling lama 5 hari kerja setelah ujian dilaksanakan, hal ini berbeda dengan IELTS on Paper yang mana membutuhkan waktu 2 minggu untuk menunggu hasil ujian.

Sebelum resmi dilaksanakan, Tim UPT Bahasa yang bertugas sebagai venue staff terlebih dahulu melakukan Mock Test atau uji coba ujian IELTS on Computer ini. Hal ini dilakukan agar tim UPT Bahasa terbiasa dengan sistemasi yang akan dilakukan ketika IELTS Exam dan mengetahui kendala-kendala apa saja yang akan muncul selama ujian berlangsung. Pelaksanaan ini cukup mendebarkan hati, membuat panas dingin, keringat bercucuran, dan sedikit grogi, tapi bisalaaah dilewati hihihi alhamdulillah :”)

Pada hari Sabtu, 25 September 2021 officially lauching IELTS on Computer di UPT Bahasa Universitas Negeri Padang. Tepat pukul 08.00 pagi peserta satu persatu diarahkan untuk menuju keruangan registrasi. Sebelumnya mereka akan diingatkan terlebih dahulu apakah sudah membawa identitas yang sudah didaftarkan dan juga bukti telah vaksin minimal dosis pertama/menunjukkan bukti hasil test rapid antigen. Ketika proses registrasi mereka akan dicek seluruh kelengkapan dan team venue staff akan melakukan security check yang sesuai dengan standard British Council Indonesia Foundation. Setelah itu dilakukan pengambilan foto dan perekaman sidik jari yang mana akan ditarok di score report nantinya. Pada pukul 09.00 WIB mereka akan di arahkan menuju ruang ujian komputer yang mana mereka akan melaksanakan ujian Listening, Reading, dan Writing (L-R-W). Masing-masing skill ini memiliki masing-masing durasi untuk mengerjakannya. Sementara itu ujian Speaking dimulai pada pukul 13.30 WIB yang dilaksanakan diruangan khusus speaking yang telah di design bersama dengan team perlengkapan UNP sesuai dengan standard Regional British Council yang berada di UK.

Dalam pelaksanaannya, tim UPT Bahasa dibantu oleh salah satu staff PTIK yang bertugas sebagai teknisi labor, yaitu Pak Andri Eka Putra. Thanks a lot Pak Andri :”’)

Alhamdulillah Bi izdnillah atas kehadiran Allah dan rahmat karunia-Nya lah semua langkah awal hingga akhir sesi ujian berjalan dengan lancar dan sukses. Kami mendapatkan respon positif dari peserta yang mana mereka sangat antusias dengan IELTS on Computer ini. Mereka juga mengatakan ujian ini jauh lebih nyaman, efisien dan mudah dalam penggunaannya. Tentunya mereka akan melakukan promosi mouth to mouth untuk melaksanakan/mengambil ujian IELTS on Computer di UPT Bahasa UNP.

Silahkan liat-liat flyers ini untuk jadwal Ujian IELTS on Computer selanjutnya di UPT Bahasa UNP. Dan hubungi kontak diatas jika tertarik. Mau ujian ILETS?? di UPT Bahasa ajjaahh! 😉

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *